Membuat judul dan snippet yang baik di Hasil Penelusuran Google

Membuat judul dan snippet yang baik di Hasil Penelusuran



Pembuatan judul dan deskripsi halaman (atau "snippet") Google sepenuhnya dilakukan secara otomatis dan mempertimbangkan konten halaman serta referensi ke halaman yang muncul di web. Tujuan snippet dan judul adalah menunjukkan dan mendeskripsikan setiap hasil dan menjelaskan cara tujuan tersebut terkait dengan kueri pengguna dengan paling baik.

Semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin baik snippet hasil penelusuran Anda. Dengan snippet kaya, webmaster dengan situs yang berisi konten terstruktur—seperti listingan bisnis atau situs ulasan—dapat memberi label konten mereka untuk memperjelas bahwa setiap bagian teks yang diberi label menjelaskan jenis data tertentu: misalnya, nama restoran, alamat, atau peringkat. Pelajari lebih lanjut tentang cara snippet kaya dapat meningkatkan linstingan situs Anda di hasil penelusuran.

Kami menggunakan sejumlah sumber yang berbeda untuk informasi ini, termasuk informasi deskriptif dalam judul dan tag meta untuk setiap halaman. Kami juga menggunakan informasi yang tersedia untuk umum, atau membuat cuplikan kayaberdasarkan markup di halaman.
Meskipun kami tidak dapat mengubah judul atau cuplikan untuk situs tunggal secara manual, kami selalu berupaya membuatnya serelevan mungkin. Anda dapat membantu meningkatkan kualitas judul dan snippet yang ditampilkan untuk halaman Anda dengan mengikuti pedoman umum di bawah ini.

Membuat judul halaman yang deskriptif

Judul sangat penting untuk memberikan insight singkat kepada pengguna tentang konten hasil dan alasan judul tersebut relevan dengan kueri pengguna. Judul sering kali menjadi bagian utama informasi yang digunakan untuk menentukan hasil mana yang harus diklik, sehingga penting untuk menggunakan judul dengan kualitas tinggi di halaman web Anda.
Berikut beberapa tips untuk mengelola judul Anda:
  • Seperti yang dijelaskan di atas, pastikan setiap laman di situs Anda memiliki judul yang ditentukan di tag <title>. Jika Anda memiliki situs yang besar dan khawatir lupa memberi judul di suatu bagian, laman saran HTML di Search Console mencatat tag <title> yang tidak ada atau berpotensi menimbulkan masalah di situs.
  • Judul halaman harus deskriptif dan ringkas. Hindari menggunakan deskripsi yang tidak jelas seperti "Home" untuk beranda, atau "Profile" untuk profil orang tertentu. Hindari juga judul yang panjang atau bertele-tele yang tidak perlu yang mungkin akan terpotong saat judul tersebut ditampilkan di hasil penelusuran.
  • Hindari penjejalan kata kunci. Memiliki sedikit istilah deskriptif dalam judul terkadang membantu, tapi tidak ada alasan untuk memiliki kata atau frasa yang sama muncul beberapa kali. Judul seperti "Foobar, foo bar, foobars, foo bars" tidak membantu pengguna, dan jenis penjejalan kata kunci seperti ini dapat membuat hasil tampak berisi spam bagi Google dan pengguna.
  • Hindari judul yang diulang-ulang. Penting untuk memiliki judul yang deskriptif dan berbeda di setiap halaman di situs Anda. Memberi judul setiap halaman di situs perdagangan, misalnya "Dijual produk murah", membuat pengguna sulit membedakan antara satu halaman dengan halaman lainnya. Judul panjang yang hanya berbeda dengan sedikit informasi (judul "yang diulang") juga tidak bagus, misalnya, judul standar seperti "<nama band> - Lihat video, lirik, poster, album, ulasan, dan konser" berisi banyak teks yang tidak informatif. Salah satu solusinya adalah memperbarui judul secara dinamis untuk mencerminkan konten halaman yang sebenarnya agar lebih baik: misalnya, sertakan kata "video", "lirik", dsb., hanya jika halaman tertentu tersebut berisi video atau lirik. Cara lain adalah dengan hanya menggunakan "<nama band>" sebagai judul yang ringkas dan menggunakan deskripsi meta (lihat di bawah) untuk mendeskripsikan konten situs. Halaman rekomendasi HTML di Search Console mencantumkan judul duplikat apa pun yang dideteksi oleh Google di halaman Anda.
  • Beri merek di judul Anda, tapi singkat saja. Judul beranda situs Anda adalah tempat yang sesuai untuk mencantumkan beberapa informasi tambahan tentang situs Anda—misalnya, "ExampleSocialSite, tempat orang berkumpul dan berbaur." Namun menampilkan teks tersebut di judul setiap halaman di situs Anda dapat berdampak buruk pada kemudahan membaca dan akan tampak sangat berulang jika beberapa halaman dari situs Anda dikembalikan untuk kueri yang sama. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk hanya memasukkan nama situs di awal dan akhir judul laman, terpisah dari sisa judul dengan pembatas seperti tanda hubung, titik dua, atau tanda pipa seperti ini:
    <title>ExampleSocialSite: Daftar akun baru.</title>
  • Berhati-hatilah dengan tidak melarang mesin telusur melakukan crawl halaman Anda. Menggunakan protokol robots.txt di situs Anda dapat menghentikan Google melakukan crawl halaman, namun protokol tersebut mungkin tidak selalu mencegah halaman Anda diindeks. Misalnya, Google mungkin mengindeks halaman Anda jika ditemukannya halaman tersebut setelah mengikuti tautan dari situs orang lain. Untuk menampilkannya di hasil penelusuran, Google perlu menampilkan judul atau sejenisnya dan karena itu kami tidak dapat mengakses setiap konten halaman Anda, kami mengandalkan konten di luar halaman seperti teks tautan dari situs lain. (Untuk benar-benar memblokir URL agar tidak diindeks, Anda dapat menggunakan tag meta.)
Apabila kami mendeteksi hasil tertentu memiliki masalah dengan judul karena sebab-sebab seperti di atas, kami dapat berupaya untuk membuat judul yang lebih baik dari teks tautan, di dalam halaman, atau sumber lain. Bagaimanapun terkadang halaman dengan judul yang deskriptif, singkat, dan diformulasikan dengan baik pun bisa berakhir dengan judul yang berbeda di hasil penelusuran kami dan ini untuk mengindikasikan tingkat relevansinya terhadap kueri. Ada alasan sederhana untuk hal ini: tag judul seperti yang ditentukan oleh webmaster dibatasi agar tetap statis dan tetap terlepas dari kuerinya. Setelah kami mengetahui kueri pengguna, sering kali kami dapat menemukan teks alternatif dari halaman yang menjelaskan mengapa hasil itu relevan dengan lebih baik. Menggunakan teks alternatif ini sebagai judul membantu pengguna dan juga dapat membantu situs Anda. Pengguna memeriksa secara cepat istilah kueri atau tanda relevansi lain dari hasil, sementara itu judul yang disesuaikan kueri dapat meningkatkan kesempatan judul tersebut untuk diklik.
Apabila halaman Anda terlihat muncul di hasil penelusuran dengan judul yang dimodifikasi, pastikan apakah judul tersebut memiliki indikasi masalah yang dideskripsikan di atas. Jika tidak, pertimbangkanlah membuat judul alternatif agar lebih sesuai untuk kueri. Dan, jika Anda masih merasa bahwa judul yang pertama masih lebih baik, beri tahu kami di Forum Bantuan Webmaster.

Membuat deskripsi meta yang baik

Atribut deskripsi dalam tag <meta> adalah cara baik memberikan ringkasan singkat dan dapat dibaca pengguna untuk masing-masing konten halaman. Google terkadang akan menggunakan deskripsi meta halaman di snippet hasil penelusuran saja jika dirasakan snippet tersebut memberikan deskripsi yang lebih akurat kepada pengguna daripada yang mungkin diberikan oleh konten di dalam halaman. Deskripsi meta yang akurat dapat membantu meningkatkan klik-tayang Anda; berikut adalah beberapa pedoman untuk penggunaan deskripsi meta yang benar.
  • Pastikan setiap halaman di situs Anda memiliki deskripsi meta. Halaman saran HTML di Search Console mencantumkan halaman tempat Google mendeteksi deskripsi meta yang tidak ada atau bermasalah.
  • Bedakan deskripsi untuk halaman yang berbeda. Deskripsi yang identik atau mirip di setiap halaman situs tidak membantu saat halaman tunggal muncul di hasil web. Untuk hal ini kami mungkin tidak akan menampilkan teks boilerplate. Jika memungkinkan, buatlah deskripsi yang menjelaskan halaman khusus dengan akurat. Gunakan deskripsi level situs pada beranda utama atau halaman agregasi lain, dan gunakan deskripsi level halaman di tempat lain. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat deskripsi setiap halaman, coba prioritaskan konten saja: Paling tidak, buat deskripsi untuk URL yang penting seperti beranda dan halaman populer.
  • Sertakan fakta yang ditandai dengan jelas dalam deskripsi. Deskripsi meta tidak harus dalam format kalimat; data terstruktur tentang halaman juga sangat tepat untuk dimasukkan dalam deskripsi meta. Misalnya, informasi penulis, tanggal publikasi, atau subjudul dapat tercantum pada berita atau entri blog. Hal ini dapat memberikan informasi yang sangat relevan, yang mungkin tidak ditampilkan dalam snippet, kepada calon pengunjung. Selain itu, halaman produk mungkin memberikan informasi kunci—harga, usia, pabrikan—yang tersebar di seluruh halaman. Deskripsi meta yang baik dapat mencakup semua data ini. Misalnya, deskripsi meta berikut menyediakan informasi mendetail tentang sebuah buku.
    <meta name="Description" content="Penulis: A.N. Penulis, 
    Ilustrator: P. Gambar, Kategori: Buku, Harga: $17.99, 
    Isi: 784 hal">
    Dalam contoh ini, informasi ditandai dengan jelas dan terpisah.
  • Pembuatan deskripsi terprogram. Untuk beberapa situs, seperti sumber media masa, pembuatan deskripsi yang akurat dan unik untuk setiap halaman termasuk mudah: karena setiap artikel adalah karya tulis, akan mudah dengan adanya penambahan deskripsi satu kalimat saja. Untuk situs yang menggunakan basis data lebih besar, seperti agregator produk, deskripsi tulisan kemungkinan tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, pembuatan deskripsi terprogram lebih sesuai dan direkomendasikan. Deskripsi yang baik adalah yang dapat dibaca pengguna dan beragam, seperti yang telah kami sebutkan di atas. Data khusus halaman yang kami sebutkan pada poin kedua adalah cara tepat untuk pembuatan deskripsi terencana. Perlu diingat bahwa deskripsi meta yang terdiri atas string kata kunci yang panjang tidak akan memberikan gambaran yang jelas kepada pengguna tentang konten halaman, dan kemungkinan tidak akan ditampilkan di snippet biasa.
  • Gunakan deskripsi yang berkualitas. Terakhir, pastikan deskripsi Anda benar-benar deskriptif. Karena deskripsi meta tidak ditampilkan dalam halaman yang dapat dilihat pengguna, karena itu konten ini mudah digeser. Namun, deskripsi yang berkualitas tinggi dapat ditampilkan dalam hasil penelusuran Google dan dapat bertahan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah trafik penelusuran Anda.

Mencegah pembuatan snippet

Anda dapat mencegah snippet untuk tidak dibuat dan ditampilkan pada situs di Hasil Penelusuran. Gunakan tag <meta name="nosnippets"> untuk mencegah Google menampilkan snippet halaman Anda di Hasil Penelusuran.
Sumber: https://support.google.com/webmasters/answer/35624?hl=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Natal 2017

Samsung S9 Plus